Tinjauan Umum Gloriosa Superba L.








    
        (Kavina J. et al, 2011)                             (www.Wikipedia.co.id)

2.1.1 Klasifikasi
Kingdom Plantae
Division Magnoliophyta
Class Liliopsida
Order liliales
Family liliaceae
Genus Gloriosa
Species superb
(Khandel et al, 2012)
2.1.2 Deskripsi Taksonomi
Gloriosa superba merupakan Ini adalah herba abadi, memanjat, tumbuh panjang antara 3,5 sampai 6m. Tanaman merambat yang tinggi, bertangkai lemah dengan akar berbonggol yang mendukung dirinya sendiri dengan cirrhosed tips. Daun berbentuk bulat telur, lanset, meruncing, bentuk spiral dipelintir yang berfungsi sebagai sulur. Bunganya besar, soliter atau mungkin membentuk lax-corymbose infloresence, memutar dan cripsed dengan  bengkok enam atau kelopak melipat,  kuning mekar tapi berubah menjadi merah kuning dan merah mendalam. Pada bagian kuncup, kelopak menggantung turun dari ovarium dan pada saat jatuh, Mereka mengasumsikan suatu posisi menurun, meninggalkan ovarium dengan stigma yang berada di sudut kanan. Ada lima, benang sari panjang, masing-masing dengan antera panjang yang menampilkan berlimpahnya serbuk sari oranye-kuning. Ovarium bersel 3 dan berbentuk ellipsoidal dan kapsul (Kavina J.et al. 2011).
2.1.3 Habitat & distribusi
Tanaman ini merupakan tumbuhan herba merambat dengan tinggi mencapai 2 m, hidup di hutan, di ladang, pekarangan sebagai tanaman hias karena bungannya yang berwarna merah kekuning-kuningan. Dapat hidup mencapai ketinggian lebih kurang 2500 m diatas permukaan laut (Winarno & Sundari, 2010), juga tumbuh di pasir-lempung tanah di campuran hutan gugur pada tempat yang cerah. Sangat toleran gizi-miskin tanah. Hal ini terjadi dalam semak, hutan tepi dan batas-batas wilayah dibudidayakan di Negara hangat sampai dengan ketinggian 2.530 m, juga banyak ditanam sebagai tanaman hias di negara beriklim dingin di bawah kaca atau di konservatori. Kini ditemukan pula tumbuh secara alami di banyak bagian Asia tropis termasuk India, Burma, Malaysia, Srilanka (Khandel et al, 2012).

2.1.4 Kandungan Kimia
Penelitian menunjukkan bahwa semua bagian tanaman, terutama umbi-umbian sangat beracun karena adanya alkaloid aktif, Colchicine. Spesies ini juga mengandung alkaloid beracun lain, Gloriosine. Senyawa lain seperti lumicolchicine, 3-demethyl- N-deformyl-N-deacetylcolchicine, 3 - demethylcolchicine, N-formyldeacetylcolchicin telah diisolasi dari tanaman.
Berbagai jenis fitokimia yang ditemukan dalam Gloriosa superba. Di pasar dunia Gloriosa superba dianggap kaya sumber colchicine dan gloriosine. Silosterol, Glukosida, Lumicolichicines beta dan Gamma. Beta silosterol, Flucoside dan 2-H-6-Meo asam benzoate (Khandel et al, 2012).






(Khandel et al, 2012)
Labels: Biologi
Back To Top