GPRS (General Packet Radio Services)

2.1.     GPRS
GPRS (General Packet Radio Services) adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data Gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).
GPRS merupakan sistem transmisi berbasis paket untuk GSM yang menggunakan prinsip 'tunnelling'. Ia menawarkan laju data yang lebih tinggi. Laju datanya secara kasar sampai 160 kbps dibandingkan dengan 9,6 kbps yang dapat disediakan oleh rangkaian tersakelar GSM. Kanal-kanal radio ganda dapat dialokasikan bagi seorang pengguna dan kanal yang sama dapat pula digunakan dengan berbagi antar pengguna sehingga menjadi sangat efisien. Dari segi biaya, harga mengacu pada volume penggunaan. Penggunanya ditarik biaya dalam kaitannya dengan banyaknya byte yang dikirim atau diterima, tanpa memperdulikan panggilan, dengan demikian dimungkinkan GPRS akan menjadi lebih cenderung dipilih oleh pelanggan untuk mengaksesnya daripada layanan-layanan IP [6].

2.1.1.         Kelebihan dan kekurangan komunikasi GPRS
Sistem komunikasi GPRS sendiri juga memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaanya untuk mengirim data secara wireless atau melalui internet [6]. Pada Tabel 2.3 berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dari sistem pengiriman melalui GPRS,  diantaranya :






Tabel 2.3Kelebihan dan Kekurangan GPRS [6].

Kelebihan GPRS
Kekurangan GPRS
Dapat mengakses ke
rangkaian LAN.
Kecepatan akses yang terbatas
Dapat di gunakan untuk download / upload file
Modulasi tidak stabil
Mendukung e-mail
Koneksi terkadang terputus dengan sendirinya
Mendukung MMS
Tidak ada media penyimpanan
Dapat mengakses Internet

Pemakaian biaya hemat.



Labels: teknik
Back To Top