Public Health


Puskesmas sebagai layanan kesehatan primer bagi masyarakat memiliki tugas pokok untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut ialah dengan melakukan promosi kesehatan. Promosi kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan penyuluhan. Sebagai puskesmas yang memiliki misi salah satunya yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang mandiri, Puskesmas Medokan Ayu telah melakukan upaya-upaya untuk mencapai misi tersebut, salah satunya dengan penyuluhan-penyuluhan yang secara rutin diadakan baik di puskesmas induk maupun posyandu-posyandu.
Selain itu di Puskesmas Medokan ayu juga telah dilengkapi dengan poster-poster yang ditempel di puskesmas, brosur yang dapat dibaca oleh pasien, selain itu di Puskesmas Medokan Ayu juga menyediakan berbagai macam majalah kesehatan yang dapat dimanfaatkan pasien selagi menunggu antrian.
Selama tiga minggu melakukan BPP di Puskesmas Medokan Ayu, penulis mendapat kesempatan untuk melakukan satu kali penyuluhan di puskesmas induk. Penyuluhan yang dilakukan di ruang tunggu pasien tersebut mengangkat topik tentang obat antibiotik. Pemilihan topik tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang obat antibiotik.

Dalam penyuluhan tersebut diberikan penjelasan mengenai obat antibiotik dengan metode presentasi dan juga pembagian leaflet kepada seluruh peserta penyuluhan. Dalam penyuluhan yang berlangsung sekitar 15 menit tersebut, peserta terlihat antusias mengikuti jalannya penyuluhan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kemauan peserta untuk mendengarkan penjelasan dan juga membaca brosur yang diberikan serta dengan adanya peserta yang bertanya mengenai materi yang diberikan.
Labels: kesehatan
Back To Top